Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi Android Lemot - Sistem android sma saja dengan sistem lainnya, kalau sering digunakan ia akan berangsur melemah atau lemot. Memang yang namanya buatan manusia pasti akan berubah dan menurun kinerjanya seiring waktu. Windows, linux juga mengalami hal yang sama. maka bagi anda menggunakan android dan merasa kekuatan android anda melemah itu wajar saja. Namun demikian anda bisa melalukan beberapa hal untuk memperlama waktu penggunaan OS android.

Berikut ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi android lemot tanpa menggunakan aplikasi apapun seperti yang sering ditawarkan pada iklan mobile.

Cara Mengatasi Android Lemot

Cara Mengatasi Android Lemot

1. Mematikan animasi
Android umumnya menggunakan animasi perpindahan menu. Dan apabila perpndahan menu pada android sudah melemah ini pertanda android anda sudah bekerja dengan lambat atau lemot. Cara mengatasinya adalah dengan mematikan animasi perpindahan menu. Cara yaitu pergi ke setting – Developer options, lalu seting "off" pada pilihan animasi, yaitu window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale.

2. Menggantikan wallpaper animasi
Wallpaper animasi pada layar android juga bisa menyebabkan android menjadi lemot, selain itu bahkan bisa memboroskan baterai HP anda. Cara yaitu dengan menggantikan wallpaper animasi dengan wallpaper statik atau non animasi. Caranya yaitu dengan pergi ke-menu setting- display, dan gantikan dengan wallpaper biasa yang tidak bergerak atau bukan animasi.

3. Hapus aplikasi yang tidak perlu
OA Android sangat mudah dan senang digunakan. Salah satu faktornya adalah karena tersedianya aplikasi dan game yang sangat banyak di google play store. Banyak orang yang menginstall aplikasi apa saja yang didapat. Padahal ini akan membebani memori dan efeknya kinerja android menurun. Jadi harus selektif terhadap aplikasi apa yang akan digunakan. Install saja aplikasi yang penting-penting saja. Bila perlu gunakan aplikasi File Expert untuk memback up file anda. Kalau anda perlu suatu saat anda bisa menginstallnya kembali tanpa perlu download ulang di PLay Store.

4. Kurangi penggunaan widget ponsel
Selain aplikasi, Android juga tersedia banyak widget yang bisa digunakan, atau bahkan aplikasi itu sendiri yang dijadikan widgwt. Widget adalah shortcut yang ditampilkan pada homes screen dan short cut akan selalu menyala dan hidup sepanjang waktu atau realtime. Efeknya android anda akan terbebani RAM-nya yang selaluu bekerja, selain itu widget juga bisa mempercepat umur baterai anda dan banyak menghabiskan bandwidth internet HP Android anda.

5. Gunakan MicroSD berkecepatan tinggi
Android memang sudah memfasilitasi penggunanya dengan memori internal yang lumayan seperti berkapasitas 4 GB atau 8 Gb. Namun terkadang kapasitas ini serig tidak cukup, sehingga banyak user yang menmbahkan dengan memori ekternal. Menggunakan memori eksternal berarti memaksa Android anda untukmenulis data dan file diluar ponsel itu sendir. Jadi, pertimbangkan ketika anda menambah MicroSD, tambahkan microSD yang memiliki kinerja cepat atau berkecepatan tinggi. Mungkin memori dengan kelas 6 atau 8 cocok untuk anda gunakan pada android.

Demikianlah beberapa tips dan cara mengatasi Android cepat lemot tanpa menggunakan Aplikasi tambahan. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan segera anda coba pada smartphone anda yang sudah terasa lemah atau lemot.