Apakah Android Kamu di Hack Orang Lain? Ketahui 5 Tandanya

Tanda Android di hacking - Penjahat tidak hanya muncul di dunia maya tetapi didunia nyata. Salah satunya adalah penjahat cyber atau yang dikenal dengan hacker dan cracker. Mereka bisa saja masuk menyusup dalam hp Android kamu layaknya mereka menyusup kedalam sebuah komputer untuk mencuri data dan berbagai kepentingan lainnya.

Android kamu juga demikian, namun untuk mengetahui apakah Android kamu sudah di hack orang lain atau tidak anda butuh beberapa tips. Untuk masalah ini anda bisa mencoba perhatikan 5 hal berikut ini, apakah 5 tanda ini ada muncul di Hp Android kamu atau tidak.

1. Muncul pop Up tiba-tiba

Apakah Android Kamu di Hack Orang Lain
 Salah satu tanda bahwa HP Android kamu sudah di hack orang lain adalah munculnya pop up secara tiba-tiba bai itu pop up pesan atau pop up iklan tertentu. Namun hal ini terjadi manakala anda sedang tidak menggunakan aplikasi gratis atau game gratis. Kalau ini muncul ketika anda sedang menggunakan aplikasi gratisan maka ini tidak bisa di pastikan apakah ulah hacker atau bukan.

Namun demikian, kalau pop up yang muncul secara tiba tiba ketika Hp anda dalam keadaan standby atau ketika membuka aplikasi chat yang memang tidak ada iklan pop up maka bisa dipastikan bahwa android anda sudah di intai oleh hacker.

2. Boros kuota secara tiba tiba

Apakah Android Kamu di Hack Orang Lain

Nah, ini bisa juga menjadi tanda bahwa Android kamu menjadi korban para hacker. Untuk memastikan halo ini Android sudah menyediakan fasilitas yang bernama DATA USAGE. Fitur merekam semua aktivitas yang menggunakan data internet di Hp anda, maka lihat apakah ada aplikasi diluar kewajaran yang menggunakan data internet anda.

Disini juga anda bisa mereka kalau ada virus yang menampilkan pop up, kalau memang ada dan terekam di data usage anda bisa langsung menghapusnya tanpa harus berspekulasi lagi.

3. Mendeteksi Keylogger

tanda android di hack
 Bisa saja ada orang jahat yang menanam keylogger di Android anda, memang aplikasi perekam gerakan keyboard ini tidak bisa dilihat atau bersembunyi didalam Android anda, namun bukan berarti anda tidak dapat mendeteksinya.

Ingat! setiap aktivitas yang menggunakan daya baterai pasti aplikasi ini akan terekam di SETTING >> BATERAI. kALAU MEMANG SUDAH ADA ORANG JAHAT YANG menggunakan keylogger pada Hp kamu ia pasti akan ada dalam list baterai anda, maka perhatikan dengan seksama bisa saja ia berada pada urutan bawah.

Selain itu, sekarang para hacker bisa juga menggunakan keyboard custom sebagai keylogger untuk merekan keystroke. Maka perhatikan apakah keyboard Android kamu masih keyboard default kepunyaan Google atau bukan.

4. Periksa list aplikasi , Apakah mencurigakan

tanda android di hack

 Untuk menelusuri satu persatu aplikasi mencurigakan di Android kamu, kamu bisa membuka SETTING >> APPS, di sana akan nampak semua aplikasi yang anda install, kalau ada aplikasi yang mencurigakan kamu bisa dengan mudah meremove dan men deletenya.

5. Muncul notifikasi Bar

tanda android di hack
 Hal lain yang bisa menjadi indikasi bahwa Android kamu di hack orang lain adalah sering muncul notifikasi bar dalam bentuk iklan. Virus atau malware yang muncul dalam bentuk notifikasi ini biasanya bisa langsung di delete, namun ada juga yang tidak bisa di delete sembarangan di notifikasi bar.

Salah satu cara untuk menghilangkan notifikasi ini adalah dengan menghilangkan atau uninstall aplikasi asing yang ada dalam hp Android kamu.