10 Cara untuk Menghemat Daya Baterai Android

Cara82 - 10 cara menghemat daya tahan baterai android adalah materi yang harus anda kuasai kalau anda salah satu pengguna android. Ini dikarenakan banyak android yang dibuat dengan kapasitas baterai yang boros dan cepat habis. Anda tentu sangat jengkel ketika sedang bermain game atau sedang browsing tiba-tiba baterai android habis. Maka tips mengehamat baterai mutlak anda ketahui untuk memaksimalkan baterai anda. Memang sekarang kita masih bisa menggunakan PowerBank untuk mengisi baterai namun ada solusi lain yang lebih simpel bagi anda untuk mengehmat baterai anda.

Menghemat Daya Baterai Android

Dalam artikel ini kami akan memberikan solusi kepada anda untuk tetap bisa menggunakan baterai ponsel yaitu dengan melakukan beberapa cara untuk menghemat daya tahan baterai Android. Semoga saja dengan tips dan cara untuk menghemat daya baterai android ini bisa membantu anda yang sering bepergian jauh dan sering kehabisan baterai ponsel.

Cara Menghemat Daya Tahan Baterai Android

1. Matikan radio nirkabel.
Dengan tidak menggunakan wifi, Bluetooth dan hotspot, radio nirkabel yang ON juga akan menguras baterai anda sedikit demi sedikit.

2. Matikan fitur GPS dan Maps
GPS sangat penting untuk kehidupan serba online seperti masa sekarang, untuk menemukan lokasi dan arah tentu GPS bisa menjadi solusi terbaik, tetapi membiarkan fitur gps dan Google Maps dalam Android anda tetap hidup akanmenguras banyak energi ponsel sehingga mempercepat habisnya baterai Android.

3. Matikan data latar belakang
Beberapa web seperti Gmail, yahoo mail dan bahkan Android market atau Google PLay sering kali terhubung dengan aplikasinya, sehingga terus mengumpulkan data pada latar belakang. Aktivitas ini akan memberikan ketegangan serius bagi baterai ponsel anda. Matikan data latarbelakang. Caranya adalah:
  • Tekan Settings dan pilih "Baterai & Data Management."
  • Tekan tab Data Pengiriman dan Data batalkan Latar Belakang
4. Alihkan dari 4G ke 3G
Ponsel pintar yang dilengkapi dengan jaringan LTE atau 4G memang sangat bagus dalam mendownload file besar atau bekerja cepat dalam masalah-masalah online. Tetapi ini akan menguras baterai Android anda, Sebaiknya kalau anda tidak sedang menggunakan jaringan 4G, anda matikan saja 4g nya dan gunakan 3G saja.

5. Zap haptic feedback
Fitur ini memberikan layanan keyboard touchscreen yang akan membuat anda mengetik dengan alami dan serasa mudah. Perlu anda tahu bahwa fitur ini menguras baterai anda dengan halus.

6. Matikan DIMMER layar ponsel Android
Pencahayaaan atau dimmer layar ponsel juga sangat berpengaruh pada ketahanan baterai yang anda gunakan. Atur tingkat pencahayaan android anda pada tingkat bawah, misalnya pada tingkat 30%, ini akan menghemat baterai Android.

7. Atur batas ON layar Ponsel
Layar ponsel biasanya akan mati beberapa detik setelah menyala, batasan ini bisa and atur. Misalnya anda ingin layar ponsel mati setelah 10 detik, 5 detik atau seberapa yang anda suka. Sebaiknya batas hidup layar anda tetapkan pada batasan paling kecil, misalnya 1 atau 2 detik. Ini artinya 1 detik atau 2 detik anda tidak menyentuh layar, dia akan mati secara otomatis.

8. Latar belakang layar hitam polos
Dengan pengaturan ini ponsel anda hanya bekerja sedikit, karena tidak banyak warna yang diberikan. Tetapi ada juga yang latar belakang ponsle bukan hitam, ini akan memakan daya tahan baterai lebih banyak. Kalau ponsel android anda tidak bisa mengubah latarbelakang ke warna hitam, maka anda bisa mendownload aplikasi wallpaper di market Android.

9. Matikan Instan message
Keadaan aplikasi instan message yang menyala terus akan menguras lebih besar daya tahan baterai ponsel anda. Misalnya anda menggunakan Google Talk, Facebook message, What Apps, ini akan memperpendek daya tahan baterai ponsel Android anda.

10. Matikan Update otomatis widget
Cara lainmenghemat daya tahan baterai android adalah dengan mematikan update otomatis dari widget ponsel. Banyak widget ponsel pintar yang hidup dan akan mengupdate info secara otomatis, seperti newspaper, update cuaca dll. Kalau jaringan ponsel dalam keadaan hidup maka update ini akan bekerja sendiri dan menggunakan baterai, sehingga baterai cepat habis.

Inilah 10 cara untuk menghemat daya beterai Android. Ketimbang selalu berpenglaman dengan habis baterai, mending kita menggunakan cara di atas untuk menghemat daya baterai android anda. Semoga saja tips android kali ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga cara root android