Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet - Salah satu masalah yang sering timbul dari sebuah laptop adalah baterainya yang cepat rusak dan suak. Hampir semua laptop bermasalah dengan baterainya. Memang masalah krusial dari laptop ini disadari oleh pihak produser laptop mana saja namun hingga sekarang mereka belum menemukan baterai yang bisa tahan lama dan tidak kunjung bermasalah. Itulah sebabnya mereka terus berinovasi untuk menemukan baterai laptop yang bagus.

Merawat Baterai Laptop
Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet
Walaupun tanpa betarai latop kita masih bisa kita jalankan dengan arus langsung, tetapi tetap saja keberadaan baterai sangat penting, apalagi untuk daerah yang sering mati lampu. Hal yang sangat membosankan adalah mati laptop ketika mengerjakan tugas, bagi anda mahasiswa pasti sering mengalami hal seperti ini, efek dari rusaknya baterai latop. Walaupun sampai sekarang belum ada baterai tahan lama, kita bisa memperhatikan tip merawat baterai laptop agar tahan lama, dan awet dalam pemakaiannya. Menjaga baterai laptop seperti bukan berarti baterai latop tidak akan rusak-rusak, tetapi minimal bisa membuat baterai awet dan tahan dalam waktu lebih lama.

Tip merawat baterai laptop berikut ini kami persembahkan kepada anda yang sering bermasalah dengan laptop, terutama masalah baterainya.

Merawat Baterai Laptop yang Benar

1. Bagi laptop baru harus memperhatikan teknik charge penuh. Karena dalam baru baterai latop tidak terisi penuh, jadi sebelum pemakaiannya anda harus mencharge baterai dalam durasi 4-8jam sehingga menunjukkan indikator full.

2. Lepaskan baterai, gunakan laptop langsung dengan charge kelistrik. Karena dalam banyak kasus kalau baterai terpasang dan charge juga terpasang biasanya akan mengakibatkan kebocoran baterai. Walaupun anda menggunakan laptop terbaru yang bisa memutuskan arus ketika baterai penuh, tetapi tetap saja hawa panas yang berlebihan pada baterai memberikan efek buruk bagi ketahan dan keawetan baterai.

3. Matikan perangkat yang memakan baterai ketika tidak diperlukan, seperti wifi dan Bluetooth, terutama ketika anda sedang nonton film atau sedang mengetik skripsi. Matikan wifi karena memang tidak dibutuhkan. Wifi dan bluetooth bekerja menerima dan memberikan sinyal jadi mereka tetap menguras daya tahan baterai. Yang lebih parah lagi kalau anda menghidupkan wifi pada tempat yang tidak ada wifi.

4. Atur tingkat pencahayaan monitor. Jangan terlalu sering menggunakan layar terang walaupun pada satu sisi memberikan kejelasan pada tulisan, tetapi hal ini memberikan efek buruk pada ketahanan daya beterai laptop.

5. Nonaktifkan Screen Saver. Screen saver memang memberikan penampilan yang keren bagi laptop, tetapi anda harus tahu bahwa menggunakan screen sever sama juga seperti menghidupkan video dilaptop. Karena ketika anda menghidupkan screen saver, CPU, Kartu VIdeo dan Layar tetap aktif dan bekerja, ini jauh lebih memboroskan baterai. Dalam kondisi tertentu penggunaan screen saver juga berakibat pada terbakarnya layar.

6. Dengar musik atau film dengan menggunakan handset. Karena speaker laptop kecil, jadi walaupun suaranya dibesarkan tetap saja suara laptop kecil dan tidak besar. Kalau memaksa untuk membesarkan suara laptop maka daya baterai juga akan terkuras lebih banyak.

Demikianlan beberapa tips dan cara merawat baterai laptop agar tahan lama dan awet. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan baterai laptop anda tetap baik mungkin and aharus memperhatikan poin demi poin yang telah kami sebut di atas. Sekian semoga bermanfaat