Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas | Menjaga Laptop

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas - Kalau seorang yang bekerja didepan laptop terus menerus biasanya laptop anda akan mengalami panas yang berlebihan. Misalnya saja anda terus menersu menggunakan laptop untuk bermain game atau untuk iditing dan berbagai tasking berat lainnya. Laptop yang digunakan melebihi pemakaiannya biasanya akan mengalami panas yang berlebihan. Nah, kami dari cara82.comk kali ini akan mencoba membagikan tips dan cara mengatasi laptop cepat panas.

Kalau laptop cepat panas, ini akan memberikan efek pada menurunnya performa laptop anda, dan mempercepat umur pengunaan laptop. Dalam kesempatan ini admin blog cara82 akan berbagi info sekitar cara mengatasi laptop cepat panas agar laptop lebih awet dan tahan lama.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas
Untuk mengatasi laptop cepat panas, ikutilah langkah-langkah sederhana dibawah ini

1. Menggunakan Colling pad
Sudah bukan rahasia lagi kalau colling banyak digunakan orang dalam menjaga laptop agar tidak panas. Namun penggunaan colling tidak begitu maksimal menurunkan temperatur panas pada laptop. Mungkin hanya 1-5 derajat suhu yang diturunakn oleh colling pad.

2. Membersihkan kipas atau heatsink laptop
Hal lain yang menyebabkan laptop cepat panas adalah karena kipas yang ada dalam laptop sudah kotor dan tebal dengan debu, sehingga kipas tidak berputar dengan kencang. Jadi luangkan waktu saudara untuk membersihkan kembali kipas laptop anda. dan gunakan pelumas antara 3 minggu hingga 4 minggu sekali.

3. Menggantikan Thermal Paste CPU
Thermal Paste CPU adalah komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada GPU dan prosesor. Kalau Thermal Paste CPU ini sudah menegeras, segerakan gantikan dengan yang baru. Ini akan memberikan kinerja dan menghantarkan panas dengan optimal sehingga panas dalam laptop segera dikeluarkan.

4. Pilih tempat yang bagus untuk laptop
Ketika anda beraktivitas dengan laptop jangan sekali-kali menggunakan laptop diatas pangkuan anda, di atas kasur yang empuk, di atas sofa. Ini akan sangat cepat membuat laptop anda panas, karena suhu panas dalam laptop tidak bisa keluar dengan lancar. Fentilasi udara yang berada dibawah laptop tertutup rapat dengan tempat yang empuk tersebut, jadi gunakan laptop pada tempat yang aman artinya tempat yang bisa denganmudah keluar masuk udara.

5. Gunakan dalam batas wajar
Batas wajar penggunaan laptop adalah antara 1 - 2,5 jam. Dan hindari menggunakan laptop dalam keadaan baterai di charge. Apalagi kalau anda menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai, suhu yang masuk dalam laptop atau arus yang masuk tidak dikontrol oleh baterai sehingga bisamempercepat umur laptop anda.

Demikianlah cara mengatasi laptop cepat panas, semoga saja tips windows kali ini bermanfaat dan bisa anda coba denghan sukses. Baca juga cara merawat laptop dengan benar