Cara Mengatasi Memori Internal yang Penuh dengan Link2SD

Cara Mengatasi Memori Internal yang penuh dengan Link2SD - Link2SD adalah sebuah adalah software yang harus anda miliki, terutama kalau anda menggunakan Android pas-pasan dengan kapasitas yang pas-pasan seperti Samsung Ace dan kawan-kawannya. Ponsel pas-pasan ini umumnya memori internal sering penuh sehingga kita tidak bisa menginstall banyak aplikasi di ponsel tersebut. Padahal aplikasi dan games android yang bagus bagus dan ingin kita install sangat banyak, tentu sangat menjengkelkan kalau kita tidak bisa mengintsallnya di Ponsel kita. Maka dalam kesempatan ini blog cara82.com akan berbagi tips mengatasi penuhnya memori internal dengan menggunakan aplikasi link2SD.

Aplikasi link2SD ini beda dengan aplikasi lain, software ini mempunyai kemampuan untuk memindahkan data dari memori internal ke memori eksternal. Tetapi cara kerja software ini beda dengan aplikasi lain pada kebiasaannya, Link2SD dalam Mengatasi Penuhnya Memori Internal membutuhkan sebuah partisi pada Sd card sebagai media penyimpanan data hasil pindahan. Sehinga dengan cara ini seakan-akan Android kita memiliki tambahan kapasitas pada memori internal sehingga akan bisa menginstall banyak data dan tidak perlu takut kehabisan memori internal.

Mengatasi Penuh Memori Internal dengan Link2SD

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan

1. Android harus sudah diroot

2. Micro Sd yang sudah dipartisi

3. Kalau kedua hal diatas sudah terpenuhi baru install aplikasi link2Sd dari Google play

Lantas bagaimana cara memindahkan data dari Memori internal ke Memori Eksternal dengan menggunakan aplikasi link2Sd ini.

1. Jalankan aplikasi link2sd yang sudah anda install tadi, biasanya akan muncul permintaan access root atau super user, silahkan anda pilih allow. Untuk penggunaan pertama kali biasanya akan muncul opsi file sistem pada pasrtisi kedua dari Sd Card (ext2, ext3, ext4, FAT16/32).

2. Anda akan diminta untuk merestart ponsel anda, silahkan restart dan jalankan kembali dan jalankan aplikasi link2SD lagi. Kalau dalam langkah ini terjadi error, maka ulangi proses partisi dengan menggunakan file yang berbeda. Kalau error ketika mengunakan file ext2, maka ulangi dengan menggunakan ext3 dan seterusnya.

3. Kalau sudah berhasil pada tahap kedua, kita bisa langsung memindahkan aplikasi yang ingin dipindahkan kecuali aplikasi sistem.

4. Kalau sudah memindahkan data, kalau sudah selesai maka tekan softkey dan pilih Create link


5. Dan jangan lupa mencentang ketiga menu yang muncul pada gambar dibawah ini


Itulah cara mengatasi memori internal yang penuh dengan aplikasi link2SD. Sekarang internal akan berkurang isinya, karena beberapa aplikasi telah kita pindahkan ke Sd card partisi kedua. (jangan lupa untuk menjalankan cara ini perlu mempartisi sd card terlebih dahulu).